Perkenalan Dengan Kopi “Ribet”

0
76

Kopi merupakan minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan digiling. Dulunya saya tahu kopi itu tidak menarik, sudahlah hitam gosong, banyak sepah (baca: ampas) diseruputuan pertama, pahit lagi. Enaknya dimana?!

Sampai pada suatu hari dimana saya mencoba salah satu menu di restoran siap saji, waktu itu nama minumannya adalah vietnamese drip coffee atau lebih dikenal dengan kopi vietnam dan setelah mencoba kopi tersebut pandangan saya tentang kopi pun berubah, yang dulunya gosong sekarang agak tidak gosong, yang dulunya pahit sekarang agak tidak pahit, yang dulunya 1000 perak sekarang agak agak :).

Minuman kopi asal Viet Nam saat ini sangat popular di Indonesia karena penyajian yang mudah dan paling bisa diterima oleh masyarakat kita karena dicampurkan dengan susu kental manis yang menyamarkan rasa pahit kopi.

Singkat cerita pada waktu itu saya pesan kopi vietnam dengan harapan bisa ikut-ikutan nge-hits, posting di Instagram dan beri bumbu caption yang melow selow. Dan hal ini benar-benar saya lakukan saat itu, followers dan komentator pun bermunculan, trust me it works.

kopi
Kopi ribet pertama

Berawal komentar di Instagram berlanjut ke pertemuan, dari perkenalan berlanjut ke pertemanan, dari pertemanan tidak berlanjut ke pelaminan, karena dia seorang laki-laki dan saya juga laki-laki, yes.

Ok, fokus!

Dari Kopi Vietnam itulah bermula petualangan saya memasuki dunia kopi yang lebih luas, yang belum pernah terbayangkan oleh saya sebelumnya. Setidaknya saya tidak lagi menilai kopi itu hanya dari segi tampilan, warna dan ampas-ampas yang menempel di gelas, saya menjadi lebih sadar bahwa kopi bukan hanya sekedar minuman, tapi juga pertemanan. Saya jadi lebih sadar bahwa secangkir kopi nikmat tidak tersaji begitu saja dalam gelas, tapi ada perjuangan petani hebat, ada proses panjang yang harus dilewati.

Baiklah mantemans, sampai disini dulu tulisan saya kali ini. Dilain kesempatan akan saya ceritakan lagi kisah-kisah misteri lainnya 🙂
Sekian dari saya salam es teh manis, eh kopi deng.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here