Anak Bangsa, Mari Mengonsumsi Kopi Yang Benar

2
31
kupai baik

Wahai anak bangsa, kita tahu bahwa Indonesia memang tidak masuk dalam kategori 10 besar peminum kopi terbesar di dunia. Tapi Indonesia adalah salah satu penghasil dan eksportir kopi terbesar di dunia. Fakta di lapangan sungguh disayangkan sekali bahwa tingkat konsumsi masyarakat Indonesia terhadap kopi instan dan kopi yang jauh dari kualitas baik masih terbilang tinggi, termasuklah saya dulu adalah pelaku. Hehe.

kopi yang baik
Kopi Arabika Kerinci diseduh dengan metode tubruk

Kenapa bisa terjadi?

Karena kurangnya pengetahuan dan edukasi terhadap masyarakat kita tentang kopi yang baik.

Pada kesempatan ini saya tidak membahas manfaat dari minum kopi yang baik, atau bila kamu minum kopi yang baik maka bayang-bayang mantanmu akan pudar. Tidak.

Yang akan saya bahas adalah kenapa orang Indonesia berhak dan harus bangga minum kopi dari negeri sendiri.

Seperti yang kita tahu, negeri kita diberkahi tanah yang subur. Kesuburan tanah kita melahirkan biji-biji kopi berkualitas. Di tanah kita kopi tumbuh dengan bahagianya. Di Pulau Sumatera saja ada banyak jenis dan varietas kopi yang tersebar. Masih banyak lagi diluar Pulau Sumatera, seperti Papua, Bali, Sulawesi, Flores, dan pulau lainnya yang mungkin luput dari pengetahuan kita.

Jadi, tak ada alasan untuk kita sebagai Anak Bangsa untuk tidak menikmati kopi nikmat yang dihasilkan dari Tanah Air kita.

Masih belum cukup alasan untuk minum Kopi?

Dibandingkan dengan minuman bersoda kopi jelas lebih baik. Jangan takut dengan mitos-mitos yang menyatakan bahwa kopi bikin susah tidur, sakit perut, dan sebagainya. Itu mitos, Ok! Yang benar adalah ikuti bisikan tubuhmu, bila minum kopi tidak menimbulkan reaksi negatif pada tubuhmu maka kopi aman dikonsumsi.
Dan Sebagai catatan, tidak semua kopi baik untuk kesehatan. Contohnya kopi jika disangrai terlalu lama sehingga mempunyai dampak buruk pada rasa karena terlalu gosong dan rasanya akan sangat pahit sepahit kisah kasihmu dan kopi yang terlalu gosong mengandung banyak karbondioksida pastinya tidak baik untuk tubuh, jadi konsumsilah kopi yang baik.

kopi yang baik
Salah satu mahakarya petani Indonesia dari dataran tinggi Kerinci, Jambi.

Terakhir, saya ingin menyampaikan bahwa kita sebagai anak negeri penghasil kopi yang dinikmati penikmat kopi dunia berhak menikmati kopi kita sendiri dengan penuh rasa bangga dan cinta sepenuh hati. Mengenal kopi sama halnya dengan mengenal negeri kita. Jika bukan kita, siapa lagi yang akan berbangga hati terhadap kopi negeri ini.

Semoga dimasa depan anak negeri dijauhkan dari kopi yang tak layak minum (baca: instan).

Salam dari petani Kerinci.

2 KOMENTAR

  1. […] Nah, untuk teman-teman perempuan yang sedang hamil atau sedang otw hamil, atau pun juga yang sedang berdo’a untuk segera dihalalkan dan bisa segera hamil. 🙂Kopi tetap aman diminum semasa hamil, dengan catatan bahwa konsumsi kopi harus mengikuti aturan dan dosis yang sudah kita sebutkan. Ingat ya, segala yang berlebihan itu tidak baik. Dan untuk kaum bapak-bapak yang pastinya tidak hamil konsumsilah kopi yang baik. […]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini